Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Sampai tulisan ini ditulis ICS merupakan versi Android yang paling anyar. Pertama kali dirilis pada 19 Oktober 2011. Smartphone yang pertama kali mengunakan OS Android ini adalahSamsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangkat seluler yang menggunakan versi Android sebelumnya, Gingerbread, dapat di-update ke Android Ice Cream Sandwich. Namun sayangnnya sampai saat ini kebanyak smartphone yang menggunakan Android ICS merupakan smartphone kelas high-end yang dijual dengan harga cukup mahal.

Distribusi OS Android berdsarkan versi
Mari kita baca bersama kelebihan-kelebihan dari ICS dibanding versi sebelumnya :

Multitask

Multitask adalah fitur yang bisa dinikmati ketika menjalankan Aplikasi atau Game. Dengan adanya fitur multitask ini, kita bisa menjalankan berpuluh-puluh aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan tanpa mempengaruhi kinerja dari smartphone atau tablet itu sendiri.

Face Unlock

Ya! Android Ice Cream Sandwich ini memberikan fitur pengunci atau pengamanan dengan menggunakan wajah pengguna. Jadi, Smartphone hanya bisa di Unlock atau Dibuka kuncinya oleh pengguna atau pemiliknya saja dengan mengenali wajah si pemilik, fitur ini kerap disapa Face Detection atau Face Unlock.

New User Interface

Bukan hanya fitur terbaru yang dibenamkan pada Android Ice Cream Sandwich 4.0 ini, akan tetapi User Interface juga mengalami perubahan yang sangat mendalam. Contohnya saja, notification pada Homescreen, mengalami perubahan yang sangat signifikan. Selain itu, Widget pada Homescreeen bisa and resize layaknya free transform pada Photoshop dengan sentuhan yang cukup lembut

Andorid Beam

Ini adalah fitur dimana kedua perangkat Android saling berkirim data informasi. Dalam hal ini fata yang dapat disharing dapat berupa pertukaran aplikasi favorit, kontak, musik, video dan file apapun. Sejatinya, fitur ini memanfaatkan teknologi NFC. Hanya dengan satu sentuhan pada perangkat Android lalu tekan untuk langsung melakukan pengiriman file. (L)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s