Developer Suka Windows Phone, iOS Tetap Terfavorit

Para pengembang aplikasi mobile (mobile developer) kini lebih tertarik mengembangkan aplikasi berbasis Windows Phone dibanding sistem operasi “tua” RIM, BlackBerry OS. Ini merupakan hasil riset dari Appcelerator dan IDC.

Sistem operasi mobile tiga besar setelah iOS dan Android sekarang, sudah jelas dipegang Windows (Phone), ini berkat kesepakatan antara Microsoft/Nokia dan ditambah dengan kehadiran Nokia Lumia 800.
Dari survei yang dilakukan terhadap 2160 developer dari seluruh dunia menunjukkan, 38 persen responden menyebutkan “sangat tertarik” mengembangkan aplikasi di Windows Phone. Hanya, 21 persen responden yang menyatakan tertarik dengan BlackBerry OS dan hanya 13 persen yang tertarik mengembangkan aplikasi berbasis QNX untuk BlackBerry PlayBook.
Meski Windows Phone telah berhasil menarik perhatian para mobile developer, namun Apple iOS tetap menjadi sistem operasi favorit untuk para pengembang aplikasi mobile di seluruh dunia. Hasil survei menyebutkan 91 persen responden menyatakan “sangat tertarik” dengan pengembangan aplikasi di iPhone dan 88 persen tertarik untuk membuat aplikasi untuk iPad.

Bagaimana dengan Android? Survei ini menunjukkan bahwa minat developer terhadap pengembangan Android sedikit menurun. Terdapat 83 persen responden menyatakan “sangat tertarik” mengembangkan aplikasi di smartphone Android, tetapi turun 4 persen dari survei terakhir. Sedangkan untuk pengembangan aplikasi untuk tablet Android, 68 persendeveloper menyatakan “sangat tertarik, turun 6 persen dibanding survei terakhir yang dilakukan. (L)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s