Symbian Tetap “RAJA” Ponsel Dunia

Nokia E6 dan Nokia X7 menggunakan Symbian terbaru yang disebut Anna
Pangsa pasar Apple iOS di pasar sistem operasi ponsel (feature phone dan smartphone) dunia terus meningkat hingga berhasil melampaui Android, meski Symbian masih tetap berada di posisi teratas.

Pada November 2011, pangsa pasar iOS sebesar 24,2 persen, naik dari 23,48 persen hanya dalam waktu satu bulan. Sistem operasi Google, Android hanya berbeda tipis dengan pangsa pasar 21, 9 persen, turun dari 22,11 persen di bulan Oktober.

Angka ini menunjukkan persaingan yang ketat antara iOS dengan Android. Namun, ternyata Symbian masih merupakan sistem operasi ponsel yang paling banyak digunakan.

Berdasarkan data Global Statcounter, Symbian menguasai pasar 30,95 persen di bulan November 2011, naik dari 29,84 persen di bulan Oktober. Sedangkan sistem operasi BlackBerry, hanya menguasai 8,44 persen pasar ponsel di bulan November. Jauh tertinggal dari tiga sistem operasi lainnya secara global.

Namun, angka ini berbeda untuk pasar Inggris. Di negara ini, iOS adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan. Pada November 2011, iOS meguasai pangsa pasar 41,26 persen dan BlackBerry menduduki posisi kedua dengan menguasai 32,72 persen. Posisi ketiga dipegang Android dengan pasar 20,36 persen. Sedangkan Symbian, justru hanya menguasai 2,59 persen pasar ponsel di Inggris.

Minggu lalu dilaporkan bahwa penjualan iPhone di Inggris pada bulan Oktober 2011 melampaui penjualan perangkat Android. Peningkatan ini dipicu oleh penjualan iPhone 4S pada bulan Oktober, karena tren yang menyebar luas. (L)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s