Android Dan iPhone Mendominasi Pasar Ponsel

Pasar ponsel di Amerika Serikat didominasi oleh dua model smartphone, yaitu ponsel dengan sistem operasi Android dan iPhone. Keduanya menjadi smartphone idola di negaranya Barack Obama tersebut.

Berdasarkan riset terbaru Nielsen, dari keseluruhan pelanggan seluler di AS, sebanyak 49,7 persen adalah pengguna smartphone. Dari jumlah itu, smartphone yang paling banyak digunakan adalah perangkat Android dan Apple iPhone.

Sebanyak 48 persen pengguna smartphone adalah pengguna perangkat Android. Apple berada di bawahnya, yakni 32,1 persen. Sedangkan pengguna BlackBerry sebesar 11,6 persen dan sisanya merupakan pengguna smartphone yang lain.

Hasil riset terbaru Nielsen ini tak jauh berbeda dengan hasil riset yang dilakukan ComScore, yang dirilis pada 6 Maret 2012 lalu. Comscore melakukan riset selama 3 bulan, yang dimulai sejak Januari 2012.

Dari hasil penelitian Comscore, sebanyak 48,6 persen pengguna smartphone menggunakan perangkat Android, lalu Apple 29,5 persen, BlackBerry 15,2 persen, dan Windows Phone 4,4 persen.

Nielsen memprediksi, Apple akan mengalami lonjakan pengguna setelah iPhone 5 diluncurkan. Pasalnya, dari hasil riset, Nielsen pernah menemukan bahwa pengguna Apple meningkat 25,1 persen dalam waktu 3 bulan, setelah iPhone 4S diluncurkan. (L)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s